Tips perawatan kulkas

Tips perawatan kulkas

 

Ada beberapa faktor yang harus dilakukan dan diperhatikan agar mesin lemari pendingin atau kulkas bisa lebih maksimal umur pemakaiannya. Sebelumnya ada baiknya kita sedikit mengenal tentang atau proses didalam teknik mesin pendingin, pendinginan terjadi karena proses perputaran freon di dalam instalasi mesin pendingin tersebut. Pertama2 gas freon digerakan oleh mesin pendorong (kompresor) ke instalasi condensor lalu ke filter dryer diteruskan ke pipa yang sangat kecil ukurannya yang biasa disebut juga capiler, lalu disemprotkan ke evab (evaburator) lalu kembali lagi ke kompresor.

Berikut sedikit kami jelaskan sedikit tentang  funsgsi dari instalasi diatas.

Kompresor berfungsi sebagai mesin penggerak untuk menjalankan sirkulasi perputaran freon sehingga bisa menghasilkan pendinginan.

Condensor berfungsi untuk menyetabilkan putaran freon dari hasil tekanan kompresor yang selanjutnya akan di salurkan ke pipa capiler.

Capiler yang bentuk fisiknya berupa pipa kecil dan panjang berfungsi untuk menahan dan menaikan tekanan freon dari kompresor yang disalurkan ke bagian condensor tadi, lalu akan di semprotkan ke bagian instalasi evabutator. Hasil dari semprotan freon dari pipa kecil (capiler) dengan tekanan yang sangat kuat ke bagian evaburator (ukuran lubangnnya lebih besar daripada capiler) itulah yang akan menghasilkan pendinginan, apabila semakin kuat tekanan freon akan semakin cepat proses pendinginan. Sekian saja sedikit pengetahuan tentan proses pendinginan, selanjutnya kami akan memberikan sedikit tips agar lemari es atau kulkas anda lebih maksimal umur pemakaiannya.

  1. Usahakan cepat2 lepas steker (colokan) yang terhubung dengan stopkontak listrik pada saat pemadaman listrik sementara atau terjadi mati listrik. Karena bila terjadi listrik mati dan belum ada 5 menit sudah nyala lagi bisa mengakibatkan terjadi macet pada piston kompresor.
  2. Usahakan penataan barang didalam kulkas jangan terlalu rapat sehingga mengganggu sirkulasi udara dingin dalam kulkas, yang mengakibatkan memakan waktu lama untuk pencapaian suhu dingin yang di inginkan. Dan tentunya kerja kompresorpun jadi lebih lama atau menunggu waktu lebih lama kompresor untuk istirahat.
  3. Masukkan barang-barang secukupnya tidak berlebihan agar mesin kulkas mudah mendinginkan ruangan dalam kulkas.
  4. Usahakan menjaga kebersihan didalam maupun diluar instalasi kulkas agar tidak menimbulkan bau yang kurang sedap dan tidak menimbulkan berkarat pada body besi luar kulkas tersebut. Sehingga kulkas akan lebih awet.
  5. Hindari terlalu lama membuka pintu kulkas agar udara dingin tidak banyak berhembus keluar sehingga mesin tidak bekerja terlalu keras.
  6. Set temperatur lemari es sesuai kebutuhan, jangan diset terlalu dingin jika tidak perlu agar mesin pendingin tidak dipaksa bekerja teralu keras serta dapat menghemat biaya listrik.
  7. Letakkan lemari es tidak menempel di dinding yaitu beri jarak kurang lebih 15 cm. Gunakan tambahan roda kulkas jika tidak ada rodanya agar lebih mudah memindahkan dan membersihkan kulkas.
  8. Pasang perangkat STAVOL ( stabilizer ) untuk menjaga kemungkinan arus listrik yang naik turun, sebab dengan kondisi arus listrik yang kurang baik ( tegangan naik turun ) akan menimbulkan efek kinerja kulkas tidak bisa optimal

Sekian sedikit tips dari kami Sumber Makmur Teknik Service Ac jakarta, dan semoga bermanfaat bagi anda. Terimakasih

Dan untuk layanan kami bisa hubungi di Contact Service Kami

anti copy rewoz