Perbedaan Freezer, Chiller dan Show case

Nama sederhana dan sering kita sebut atau kita dengar untuk jenis jenis  pendingin sebagai media penyimpanan untuk stock barang kita ataupun tempat penyimpanan stock barang untuk jual beli. Tempat untuk menyimpan barang barang yang mudah rusak dalam suhu di atas 26° celcius sering kita menyimpannya dengan memilah milahkan sesuai dengan karakter serta suhu yang sesuai standard untuk menyimpannya agar lebih tahan lama.

Tempat penyimpanan dengan suhu suhu rendah sering kita sebut kulkas Freezer, Chiller atau show case dan masih banyak nama nama yang belum di sebutkan. Dan di sini saya akan sedikit menjelaskan tentang perbedaan freezer, Chiller, atau show case sesuai dengan perbedaan suhu serta bentuk fisiknya.

Freezer adalah sebuah tempat penyimpanan barang dengan suhu di bawah minus enam belas derajat celcius -16°c , freezer ini biasanya untuk menyimpan barang sangat cepat rusak atau bisa di bilang kalau jenis makanan yang di simpan di atas suhu -6°c akan cepat rusak atau membusuk. Freezer ini tak sedikit pula yang menyebutnya frozen. Tempat penyimpanan bersuhu rendah ini memang akan membekukan benda benda cair atau benda berkadar air. Jika bahan bahan yang mengandung air , jika di simpan ke dalam sebuah freezer maka akan berubah menjadi es untuk beberapa waktu tertentu. Dalam bentuk fisiknya freezer banyak macamnya. Jika berukuran besar atau dengan ukuran orang bisa masuk maka itu di sebut cool room, cold storage, atau kadang ada yang menyebut ruangan Frozen. Jika bentuk fisik kotak persegi panjang pintunya ada di atas ada yang menyebut freezer box atau ada yang menyebutnya cezt freezer.

Perbedaan Freezer, Chiller dan Show case

Chiller.. Untuk ruangan tempat penyimpanan chiler ini biasanya di desain dengan suhu antara 0°c sampai 10°c tergantung permintaan atau di sesuaikan untuk barang barang yang akan di simpan, biasanya chiller ini di gunakan untuk penyimpanan barang barang yang cepat rusak jika berada suhu ruangan normal di atas 10°c. Dan untuk menjaga kualitas dari barang tersebut maka di simpankan ke dalam ruangan yang di sebut chiller. Untuk bentuk fisik chiller ini bermacam macam bisa dengan bentuk kotak tertutup maupun transparan. Untuk bentuk sebenarnya tidak terpatok satu model. Kenapa di sebut chiller ini biasanya bekerja pada suhu di bawah 10°c untuk chiller penyimpanan barang.

Yang ketiga adalah Show case.. Show case ini tidak bisa bekerja dalam suhu rendah ataupun tinggi. Kenapa  di sebut show case karena tempat penyimpanan barang ini untuk membedakannya adalah bentuk fisiknya. Atau kenapa di sebut show case karena barang barang yang tersimpan di dalamnya bisa terlihat tanpa membuka penutupnya. Atau bisa di bilang salah satu sisi atau salah satu pintunya terbuat transparan, sehingga di sebut show case.

Oke sekian tulisan tentang apa yang membedakan antara Freezer, Chiller, dan Show case. Semoga bermanfaat.

anti copy rewoz


Comments are Closed