Penyebab Freon Ac berkurang

Jika kita mempunyai ac, tentu kadang suka bertanya kenapa atau penyebab freon ac cepat berkurang. Freon memanglah mempunyai peranan penting sekali dan sepertinya sudah biasa terdengar di telinga kita. Jika kita berurusan dengan yang namanya mesin pendingin. Tapi sebenarnya tidak semua mesin pendingin Hvac menggunakan freon untuk alat atau untuk bahan pendingin. Banyak mesin mesin untuk mesin bidang HVAC yang menggunakan selain freon, untuk bahan itu yang banyak di gunakan adalah amonia, untuk pendingin dengan menggunakan amonia tidak mengaplikasikan yang namanya kompresor untuk mesin pendingin nya. Melainkan menggunakan sejenis serangkaian perangkat heather.

Cara mengetahui ciri ac kurang freon

Akan tetapi untuk bidang pendingin yang sering kita dengar adalah mengaplikasikan freon untuk bahan liquid pendinginnya. Karena menggunakan freon akan lebih simpel dan lebih mudah untuk mencari di toko toko pendingin. Hingga saking mudahnya menjadi banyak pilihan untuk kemasan kemasan jual belinya. Ada yang mulai dari 300ml 600ml 3kg hingga 12kg. Dan juga ada um yang menjualnya system refill atau isi ulang dengan membeli eceran.

Oke kita akan mulai pada pokok bahasan apa penyebab freon Ac berkurang atau freon pendingin lainnya. Pada dasarnya freon berkurang itu karena terjadi celah kebocoran pada instalasi ac atau pendingin lainnya.

Kebocoran kebocoran pada instalasi ac bisa terjadi pada semua instalainya, dari mulai evaporator, pada pipa instalasi ac maupun pada kondesor ac. Kadang juga bisa terjadi pada kompresor, tapi ini jarang sekali terjadi.

Kebocoran pada saluran atau instalasi ac biasanya sering terjadi pada Uben atau leter u pada evaporator maupun kondensor, karena pada pipa uben akan rentan bocor yang di sebabkan pipa yang di bengkokan tersebut akan rentan atau gampang pecah di saat terkena getaran atau gesekan.

Selain pada bengkokan uben yang sering retak, kebocoran freon ac juga sering terjadi pada titik titik nepel atau mur sambungan pipa di indoor maupun outdoor. Karena pada sambungan nepel tersebut susah sekali untuk memastikan 100% aman.

Selain pada nepel dan uben yang sering menyebabkan kebocoran freon, biasanya juga sering terjadi pada pipa stabilizer yang ada antara sambungan kompresor dan kondensor. Jika pada ac split wall hal ini sering terjadi karena ruang yang sempit pada ruang pemasangan kompresor sehingga sangat sering sekali terjadi gesekan antar pipa maupun gesekan ke body ac outdoor. Karena pada pipa stabilizer ini paling dekat atau paling banyak menerima getaran dari jalan operasinya kompresor, dan memang fungsi pipa ini untuk menyetabilkan atau meredam getaran freon.

Pada pipa instalasi ac juga sering terjadi kebocoran freon mungkin karena pipa sudah lama dan terjadi korosi atau mang pipanya ada sebagian cacat.

Oke mungkin sekian pembahasan sedikit tentang penyebab freon ac berkurang. Semoga bisa bermanfaat.

anti copy rewoz


Comments are Closed