Penyebab Ac cepat rusak dan cara mencegahnya

Apa penyebab ac cepat rusak? Dan bagaimana cara mencegahnya? Itulah pertanyaan pertanyaan sering terdengar jika belum beberapa lama atau baru beberapa tahun tapi ac kita mengalami banyak masalah atau banyak trouble yang menyebabkan ac cepat rusak atau ac menjadi tidak dingin lagi.

Terus bagaimana agar ac tidak cepat rusak?

Agar ac yang kita miliki tidak cepat rusak kita haruslah merawatnya. Ibaratkan saja sebuah mobil, jika mobil selalu kita pakai terus di setiap hari pergi pulang kerja atau bahkan di hari liburpun selalu di pakai untuk jalan jalan atau kemana saja, tanpa kita memperhatikan kebersihan yang bisa menyebabkan keropos, atau tanpa mengganti oli, kan bakalan bisa fatal. Mesin sebuah mobil akan cepat rusak bukan

Begitu juga halnya sebuah ac. Jika sebuah Ac tanpa perawatan dan selalu di pakai tentunya akan cepat terjadi kerusakan.

Penyebab Ac cepat rusak dan cara mencegahnya

Lalu apa saja yang menyebabkan Ac cepat rusak.

Permukaan evapurator, permukaan evaporator yang berada di bagian indoor Ac juga harus di perhatikan karena jika tidak tidak maksimalnya sirkulasi udara dingin yang di hasilkan, selain itu juga akan menyebabkan bagian bagian tertentu akan cepat keropos

Bearing pada fan atau kipas juga harus di periksa jika pemakaian lebih dari 3 tahun. Karena jika terjadi bearing yang macet juga akan bisa menyebabkan koil pada motor fan jadi kebakar.

Saluran drain atau pembuangan air sisa kondensasi evaporator. Jika saluran drain ac tidak sering di perhatikan maka bisa menyebabkan lumut dan lendir yang akan bisa menghambat terbuangnya air. Dan jika air sisa kondensasi ac tidak cepat terbuang bisa menjadi luber dan bisa mengakibatkan bocor air. Genangan sisa air dingin di samping mengakibatkan bocor air juga akan mengakibatkan kondensasi pada penampungan air yang bisa menyebabkan merembet pada tempat lainnya dan bisa mengakibatkan keropos pada bagian2 tertentu.

Kebersihan pada kondensor outdoor juga harus di perhatikan kebersihan nya, karena jika pori pori pada kondensor tertutup debu maka sirkulasi pembuangan udara panas akan terhambat. Untuk kondensor yang kotor bisa mengakibatkan kerusakan fatal pada ac. Kenapa? Karena jika panas kondensor tidak terbuang maka kompresor pun akan jadi panas, dan jika panas ac pun akan kurang maksimal menghasilkan udara dingin. Selain itu daya pemakaian kompresor pun juga akan bisa tinggi. Bahkan jika terlalu panas bisa mengakibatkan over heat dan perangkat over load akan memutus. Dan otomatis kompresor mati dan akan hidup lagi setelah kompresor sudah menjadi dingin kembali. Jika ini di biarkan, lama kelamaan kompresorpun tentunya akan cepat rusak.

Kekurangan Freon, jika ac kekurangan freon juga bisa menyebabkan cepat rusaknya ac. Karena jika freon kurang maka proses untuk pencapaian dingin pun akan memakan waktu lebih lama. Apalagi Tidak bisa mencapai suhu yang telah di atur dengan suhu rendah. Maka kerja outdoor atau kompresor pun tidak bisa stanbay. Dan mesin pun tidak stanbay. Pastilah jika kerja mesin tanpa istirahat tentu akan menyebabkan ac cepat rusak.

Oli juga harus di perhatikan. Jika oli pemakaiannya sudah di atas 5 tahun ada baiknya di lakukan penggantian oli, jika keadaan oli sudah terlalu encerkan juga akan mengakibatkan gesekan part dalam kompresor dan tentunya akan menyebabkan cepat aus sehingga kerja atau kompresi kompresor menjadi lemah.

Itulah sedikit tentang penyebab kenapa ac cepat rusak. Jadi saran kami agar ac bisa lebih awet ada baiknya di lakukan perawatan rutin.

Sekian semoga bisa sedikit menjawab pertanyaan anda. Terimakasih. Jika ingin menggunakan jasa kami silahkan klik Contact Service kami Sumber Makmur Teknik.

anti copy rewoz


Comments are Closed