Udara bersih sejuk dan suasana yang tenang adalah dambaan semua orang bila berada dalam ruangan kantor saat beraktivitas atau pun di dalam rumah saat beristirahat. Akan tetapi jika dalam ruangan atau kamar rumah anda yang di lengkapi AC atau airconditioner agak mengeluarkan suara suara yang berisik tentu akan mengganggu ketenangan saat beraktivitas maupun saat santai beristirahat di rumah. Apalagi pada saat anda tidur tetapi ac anda mengeluarkan suara berisik, tentunya akan sangat mengganggu sekali.

Penyebab Ac berisik di Indoor nya

Oke saya di sini akan memberikan sedikit informasi tentang beberapa penyebab ac mengeluarkan suara berisik pada unit ac Indoor. Untuk ac yang berisik ini harus di tangani oleh tenaga yang tentunya sedikit mengerti tentang ac. Penyebab penyebab ac berisik pada indoor ac atau ac yang bagian dalam ini banyak penyebabnya, dan saya akan mencoba menggambarkan penyebab penyebabnya sebagai berikut.

  • Ac yang berisik bisa di sebabkan karena unit ac yang kotor pada bagian daun fan atau daun kipasnya. Daun fan atau daun kipas indor yang kotor tentunya akan membuat ac berisik karena putaran daun fan atau daun kipas tersebut putarannya tidak seimbang sehingga menyebabkan atau menimbulkan getaran dan menyebabkan berisik. Dan akibat daun fan ac yang kotor karena putaran tidak stabil juga bisa mengakibatkan angin yang di keluarkan tidak maksimal dan membuat suara seperti angin ribut atau bahasa saya bunyi huwus huwus.
  • Ac yang mengeluarkan suara berisik, juga bisa di akibatkan karena sirip sirip pada daun fan yang sebagian ada yang hilang atau patah. Sehingga bisa menyebabkan getaran dan ac mengeluarkan suara berisik.
  • Penyebab ac yang berisik juga bisa di timbulkan karena bearing atau klaker yang sudah kering gemuknya sehingga pelor pelor bearing kipas akan terjadi gesekan dan menimbulkan suara yang cukup berisik. Menurut saya jika klaker atau bearing masih belum rusak terlalu parah bisa di kasih oli, jikalau sudah tidak layak, mau tidak mau bearing harus di ganti.

 

  • Karet poros pada daun fan atau kipas juga bisa menyebabkan suara berisik. Poros as fan yang sudah rusak akan mengakibatkan posisi daun fan menjadi tidak center sehingga membuat putaran daun fan tidak stabil dan putaran fan jadi melebar sehingga akan menimbulkan gesekan antara daun fan dan casing ac. Jika poros as yang rusak atau biasanya lepas masih bisa di lakukan pengeleman jika kerusakan belum terlalu parah. Dengan menggunakan lem power dan di berikan serbuk rokok atau bedak, juga bisa paki tepung.
  • Evap ac yang kotor juga bisa menyebabkan suara berisik ac, karena sirkulasi pemindahan udara pada ac sehingga juga bisa menimbulkan berisik atau suara udara yang besar kecil atau suara huwus huwus.

 

  • Sebuah sirkulasi liquid freon pada instalasi ac juga bisa menimbulkan suara berisik. Ini bisa terjadi karena pada saat pemasangan ac kurang maksimal waktu vakum mengeluarkan udara pada instalsi ac tersebut. Sehingga proses sirkulasi liquid freon pada ac biasanya mengeluarkan suara mendesis seperti suara angin yang keluar pada lubang kecil dengan tekanan besar. Bisa juga karena oli yang ikut sirkulasi freon sudah tidak bisa kembali ke kompresor. Sehingga menimbulkan suara mendesis juga mengakibatkan ac kurang begitu dingin. Solusinya jika keadaan mesin kompresor masih cukup bagus bisa mengganti membuang dulu liquid freon sampai bersih dan di lakukan vakum hingga maksimal, baru di isi freon kembali.

Sekian, sedikit yang bisa saya sampaikan untuk penyebab penyebab ac yang mengeluarkan suara berisik pasa indoornya. Dan semoga bisa sedikit bermanfaat.Terimakasih.