Membahas tentang AC memang tak ada habisnya, mulai dari keluhan keluhan hingga model model ac terbaru yang di tawarkan oleh produsen AC dengan meberikan berbagai fitur serta model yang menarik untuk memenuhi atau menarik simpati konsumen dalam pasar di bidang tata udara atau AC ( Air Conditioner ).

Pada umumnya pemakaian ac di rumah tinggal atau perkantoran menggunakan ac dengan jenis model Ac Split wall dan juga AC Window , tapi untuk Ac window sepertinya sekarang kurang di minati konsumen. Karena desainnya antara mesin evaporator dan lainnya menjadi satu. Jadi ac tersebut menimbulkan efek suara yang lumayan mengganggu. Ac window ini mungkin masih banyak di pergunakan pada bedeng kantor kantor sementara, biasanya untuk ac kantor bedeng di proyek bangunan.

Kelebihan dan kekurangan AC Split Duct

Untuk penggunaan Ac di rumah tinggal atau kantor selain menggunakan ac split wall, ac window, ac kaset ada juga yang menggunakan AC Split Duct. Adanya jenis jenis ac yang bermacam macam ini, memudahkan kita untuk menentukan pilihan sesuai dengan konsep tata ruang atau desain desain yang di perlukan.

Oke di sini saya ingin sedikit menjelaskan tentang apa itu Ac split Duct, dan apa kelebihan serta kekurangan Ac Split Duct. Ac split duct itu cara kerjanya agak begitu beda di banding dengan ac split wall , ac window ataupun ac kaset. Dimana pemasangan dari sebuah ac kaset, split wall dan window ini unit ac akan kelihatan pada sebuah ruangan yang di pasangnya, beda halnya dengan AC Split Duct, kalau Ac Split Duct Unit Ac nya tersembunyi, unit ac indoor atau bagian instalasi evaporator nya tidak kelihatan pada ruangan yang di dinginkan. Jadi hanya lubang udara atau grill dan difuser  saja yang kelihatan pada ruangannya. Jadi ruangan tidak kelihatan ada ac nya. Oke saya akan berikan sedikit apa apa kekurangan dan kelebihannya dari Ac split Duct.

Kelebihan Ac Split Duct

  • Instalasi indoor tidak kelihatan pada ruangan.
  • Tidak terdengar suara berisik berlebihan jika ada truble ac ( tergantung penempatannya )
  • Ruangan terlihat rapi karena tidak kelihatannya indoor.
  • Tidak mengotori ruangan saat perawatan rutin. ( tergantung penempatan )
  • Tidak terjadi bocor Air ( tergantung desain instalasi dan penempatan )

Kekurangan AC Split duct

  • Perbedaan harga lebih mahal dari pada ac split dan window atau kaset.
  • Pemasangan agak susah jika lokasi terbatas atau area di atas plafon kurang luas.
  • Pengadaan barang untuk perlengkapannya lebih banyak.
  • Penyiapan yang matang untuk service maintenance nya.
  • Agak susah penggantian unit jika persiapan pemasangan awal kurang matang.

Oke itu sedikit tentang kekurangan dan kelebihan ac split duct. Semoga dapat sebagai sebuah pertimbangan untuk desain serta keperluan pemasangan Ac Split Duct.

Terimakasih