Dalam langkah langkah pemasangan Ac, sangat di perlukan tahap tahap yang benar atau sesuai SOP ( Standar Operasional Prosedur ) agar mendapatkan  hasil yang bagus dan memuaskan. Jika dalam tahap demi tahap sudah di lakukan untuk pemasangan pada unit AC , maka langkah terakhir sebelum melakukan pingisian freon adalah pemakuman.

Kenapa? Jika pada saat pemasangan ac tidak di lakukan vakum pada instalasi ac maka nantinya tidak bisa menjadi dingin maksimal. Karena jika pemasangan ac tanpa di vakum maka nantinya freon akan bercampur udara yang tidak terbuang pada instalasi ac tersebut, sehingga bisa menyebabkan bebrapa masalah nantinya. Contoh jika pemasangan Ac tidak di lakukan pemakaman akan terjadi suara gemercik di unit indoornya karena kerja sirkulasi freon pada ac tersebut bercampura udara.

Cara Vakum Ac manual saat pemasangan

Pemasanga ac tanpa di vakum juga bisa mengakibatkan oli pada kompresor akan ikut terbawa ke pipa pipa di Indoor ac. Dan tentunya juga mengakibatkan udara yang di hasilkan menjadi kurang dingin dan juga bisa menyebabkan cepatnya kerusakan pada kompresor.

Dalam pemasangan ac jika tidak di lakukan vakum juga bisa menyebabkan kebuntuan pada kapiler karena oli yang terbawa bersamaan dengan freon akan mengahambat pada pipa kapiler atau juga pada pipa seperti cumi pada beberapa model ac.

Oke disini saya ingin sedikit menjelaskan cara cara untuk melakukan vakum pada instalasi ac secara manual jila pada saat urgent atau pada saat mesin vakum tidak bisa di gunakan atau pada saat tidak membawa mesin vakum dan tempat tinggalnya lumayan jauh jaraknya.

Langkah langkah vakum ac secara manual adalah sebagai berikut.

  • Langkah pertama tentunya kita mempersiapkan peralatan secukupnya. Obeng, tang, manifold, kunci L dan lainnya.
  • Pastikan unit ac sudah terpasang lengkap pada instalasi pipa maupun instalasi kabelnya.
  • Cara ini berlaku pada ac yang unit outdoornya masih menyimpan cukup banyak Freonnya. Jika freon pada outdoor ac masih cukup , maka lakukan pengecekan memastikan nepel nepel sudah terpasang rapi dan kuat. Maka buka semua penutup kran atau kunci L dan penutup pentil pada ac, lalu pasang kunci L pada kran pipa yang kecil lalu putar ke kiri sedikit dan buang angin dengan menekan bagian tengah pentil sampai freon terlihat ikut keluar. Dan setelah itu buka full kunci L pada kedua kran. Dan untuk proses ini sudah siap.
  • Lanjut cara vakum ac manual jikalau di unit outdoor ac benar benar kosong tidak ada freonnya. Pertama pasang manifold nya di pentil ac dan buka krannya. Juga buka semua semua kran ac yang nepel atau pada unit outdoor ac.
  • Lalu nyalakan ac tersebut. Jika unit outdoor ac sudah menyala maka lakukan penguncian kran dengan kun L di bagian kran atau pipa hisap atau bagian nepel pipa yang besar, tutup rapat rapat. Pastikan angin pada manifold terlihat keluar, tunggu beberapa saat hingga angin pada manifold sudah tidak keluar. Jika di rasa cukup maka tutup kran manifold dan di lanjutkan membuka kran nepel hisap yang besar tadi dengan kunci L.
  • Untuk mendapatkan yang lebih maksimal isikan freon hingga pada tekanan 0 psi lebih sedikit. Dan ulangi dengan melepas tabung freon jika manifold single, lalu tutup keran bagian hisap atau keran pada nepel yang besar dan buang freon kembali sampai habis total. Jika sudah tutup keran manifold dan buka kunci L semuanya dan ac siap di isi freon dengan perlahan sampai di rasa cukup.

Mungkin cukup sekian bahasan saya tentang cara cara melakukan Vakum ac manual dengan benar. Mungkin bisa sedikit membantu teman teman teknisi jika belum terbiasa melakukan vakum manual yang benar pada saat pemasangan ac yang benar. Dan terimakasih.