Pada tulisan kali ini saya akan memberikan sedikit tips sederhana cara mudah memperbaiki kulkas yang menggumpal es. Sebelumnya kita akan membahas lebih lanjut, mari kita sedikit membahas sebab akibat dari kulkas yang menggumpal es. Kulkas atau lemari es jika pada evaporator terjadi gumpalan es yang berlebihan, maka dingin yang di hasilkan tentunya kurang maksimal, kenapa?

Karena hasil proses dingin yang bagus pada evaporator adalah jika lapisan frozt yang ada di evaporator yang tipis, untuk ini bisa anda buktikan pada saat awal awal anda melihat lapisan frozt tipis di evaporator. Coba basahi sedikit tangan anda dengan air, lalu tempelkan pada permukaan evaporator kulkas. Maka tangan anda akan terasa sedikit lengket. Tapi jika sebaliknya terjadi, setelah tangan anda basahi dengan air lalu di tempelkan pada evaporator dan tidak lengket maka kemungkinan proses system refrigerasi nya tidak normal.

Kedua, apa yang akan terjadi apabila evaporator kulkas yang menggumpal es. Gumpalan es yang berlebihan pada kulkas akan menjadikan sirkulasi pengambilan kalor atau sebut saja penyebaran proses pendinginan akan terhambat, ambil contoh ini sering terjadi pada kulkas jenis fridge atau kulkas yang terbagi dengan minimal dua ruang, yang satu ruang frozen atau freezer dan satunya dengan suhu lebih tinggi atau sering di sebut suhu chiller. Gumpalan es pada evaporator yang berlebihan maka akan menghambat sirkulasi udara pada saat penyebaran udara dingin pada kulkas. Dan bisa kemungkinan gumpalan es berlebihan pada kulkas akan menutup atau memberhentikan jalannya fan atau kipas pada kulkas tersebut.

Berikut beberapa faktor yang menyebabkan evaporator kulkas terjadi blok es atau penggumpalan es

  • Motor fan atau kipas mati, motor fan atau kipas kulkas yang mati atau bisa juga sudah lemah tentunya akan memperlambat jalannya sirkulasi udara pada pengkabutan atau pendinginan kulkas. Sehingga lama kelamaan evaporator akan terjadi penggumpalan es.
  • Heather tidak berfungsi atau mati. Pada kulkas atau lemari es yang 2 pintu rata rata akan di lengkapi heather untuk proses pencairan. Pada proses defrost atau pencairan pada kulkas 2 pintu rata rata akan beroperasi sekitar 8 jam sekali. Jika proses deprost tidak berfungsi lama kelamaan evaporator akan menggumpal, karena pada saat pencairan tidak maksimal. Bila defrost tidak bisa ber operasi maka sekitar 3 hari akan terjadi blok es total atau penggumpalan yang lumayan padat pada evaporator.
  • Penyumbatan saluran pembuangan air , ini juga bisa terjadi menyebabkan penggumpalan es pada evaporator, jika air sisa proses defrost atau pencairan tidak bisa terbuang dan menyisakan genangan pada bagian bawah evaporator, maka pada saat pendinginan berjalan maka air tersebut akan membeku dan menjadi gumpalan es di bawah evaporator, sehingga menyebabkan terganggu nya sirkulasi penyebaran udara dingin pada kulkas tersebut.
  • Timer yang sudah tidak normal. Timer kulkas yang sudah tidak bisa bekerja dengan baik juga akan mengakibatkan penggumpalan es pada kulkas. Timer yang tidak normal jika tersambung pada posisi kompresor atau proses pendinginan dan tidak dapat berpindah pada proses defrost maka otomatis akan terjadi proses pendinginan terus menerus tanpa adanya proses pencairan.

Cara mudah memperbaiki kulkas menggumpal es

  • Termostat yang sudah tidak bisa stan bay bisa juga menyebabkan gumpalan es ini terjadi biasanya pada kulkas 1 pintu. Untuk termostat pada kulkas 2 pintu kurang begitu pengaruh pada penggumpalan es di kulkas 2 pintu.
  • Yang bisa menyebabkan gumpalan es pada kulkas selanjutnya pada kulkas 2 pintu adalah sparepart pendukung serta kabel instlasi yang rusak. Part pendukung defrost seperti bimetal, fuse dan lainnya bisa menyebabkan penggumpalan. Karena bisa mengakibatkan pembacaan suhu atau proses pendinginan tidak bisa bersih total. Dan malah kadang bisa mengakibatkan tidak bekerjanya proses heather.

Itulah sedikit beberapa tentang penyebab penyebab penggumpalan es pada evaporator. Dan ini saya sedikit memberikan beberapa langkah langkah untuk pengecekan kulkas blok es atau penggumpalan es.

  • Buka penutup evaporator kulkas, jangan lupa lepas aliran listrik. Cari dan buka socket atau sambungan kabel lalu sambungkan kabel bimetal kadang di sebut fuse dingin antara kiri dan kanan pastikan kupasan kabel yang di sambungkan aman tidak mengenai body atau lainnya atau bungkus sementara. Lalu putar posisi timer ke defrost. Lalu coba colokan atau pasang colokan ke listrik. Dan lihat apakah hiter nyala panas. Jika panas kemungkinan bimetal rusak , kemungkinan ya…  Oke jika hitter panas coba lepaskan sambungan tadi dan pasang seperti semula, serta pastikan timer posisi defrost. Coba colokan ke listrik lagi dan tunggu sekitar 10 sampai 15 menit apakah nanti kompresor akan nyala. Jika nyala bisa di pastikan timer masih dalam keadaan baik. Jika kompresor tidak mau jalan kemungkinan timer sudah rusak atau instalasi ada yang putus. Akan tetapi pas waktu test hitler tadi tidak menyala panas kemungkinan instalasi kabel, fuse panas sudah putus dan coba test juga apakah heather nyambung atau tidak. Kalau putus sudah di pastikan sudah rusak.

Mungkin sekian tentang penyebab dan cara mudah perbaikan kulkas terjadi blok atau penggumpalan es. Jika ada pertanyaan atau masukan tulisan ini bisa anda memberikan pada kolom komentar.

Semoga bermanfaat dan terimakasih