Cara mudah merubah modul pcb kulkas ke timer

Maaf disini saya akan sama sama belajar tentang cara merubah kelistrikan kulkas yang menggunakan sistem modul yang akan dirubah menjadi menggunakan timer.
Biasanya kelistrikan kulkas yang menggunakan modul adalah type kulkas yang dua pintu.

Kenapa kita mencoba mengganti kelistrikan yang dari modul pcb menjadi Timer??
Alasannya adalah ..

Jika kulkas yang menggunakan modul apabila terjadi kerusakan, untuk melakukan perbaikan biasanya agak kesulitan untuk mencari spare part penggantinya dan jika adapun yang menjual di toko spare part rata rata untuk ukurannya tidak sama, atau intinya tidak bisa di aplikasikan dengan maksimal.
Oke tidak usah panjang lebar untuk membahasnya, karena teman teman teknisi tentunya sudah tau untuk kurang lebih dan dasar dasar kegunaannya

skema timer kulkas

Ini saya ambil cara mudah saja untuk kabel kabel yang akan kita pakai, kita menggunakan kabel baru, Jikalau memang akan mempergunakan kabel kabel yang sudah ada ya silahkan dan yang tentunya anda harus mempelajari jalur jalur dan warna kabel yang sudah ada dalam instalasi kulkas tersebut. biasanya di belakang body kulkas terdapat denah instalasi kabel yang di tempel pada body belakang.

Sebelum memulai akan sedikit saya jelaskan pokok pokok yang harus di perhatikan. Sebenarnya rangkaian ini hanyalah rangkaian kerja untuk pencairan atau proses defrost. jadi untuk kompresor kita abaikan saja karena kompressor haya di atur oleh timer, akan tetapi kalau proses pencairan akan di atur oleh timer, hiter, defrost termo atau yang sering di sebut oleh tukang kulkas fuse dingin ( baca, pius dingin )

Pertama yang harus di persiapkan adalah

Selanjutnya siapkan atau buat lubang untuk memasukan kabel dari belakang ke dalam instalasi evaburator.

Setelah lubang siap pertama tariklah kabel dari luar anggap aja ini nantinya kabel setrum atau +anggaplah kita pakai kabel warna hitam,

Tarik terus kedalam lalau sambungkan dari salah satu kabel thermo fuse atau fuse panas jangan lupa solasi,

Selajutnya satu kabel thermo fuse yang belum tersambungkan tadi hubungkan ke salah satu kabel defrost heater dan salah satu kabel kipas atau fan. jangan lupa di solasi juga.

Lalu masukan lagi dua kabel yang berwarna beda misalnya biru sama putih lewat jalur yang sama dengan kabel hitam tadi.

Lalu sambung kabel heater yang satunya tadi ke kabel warna biru di tambah satu kabel defrost thermo atau fuse dingin, lalu bungkus solasi.

Sambung salah satu kabel defrost thermo atau fuse dingin satunya ke kabel warna putih dan solasi juga :-))

Oiya masukan satu kabel lagi misalnya warna merah dan sambungkan ke salah satu kabel kipas yang belum tersambungkan dan isolasi.

Oke selanjutnya rapikan kabel dan kita menuju penyambungan di timer jangan lupa type timer yang 1/3 yaaa Dan siapka socket2nya.

  1. kabel warna hitam itu sambung ke kabel L atau setrum
  2. hubungkan kabel biru ke timer no 1
  3. hubungkan kabel potih ke posisi heater timer bisanya timer yang socket no 2
  4. Gabung kabel merah dalam satu socket yang ujung satunya akan menghubungkan ke kompresor, kabel yang double tadi hubungkan ke socket timer no 4 satunya ke kompresor
  5. trus masukan lagi dua kabel warna sam tidak apa apa. Misalnya pakai wana coklat. untuk yang di dalam masing masing di kasih socket dan pasang di kedua kaki thermostat. untuk yang di luar salah satu sambungkan ke kabel N atau Min dan satunya gabung satu kabel lagi yang nantinya akan di pasang ke kompressor. untuk kabel yang di gabung dalam satu socket tadi tancapkan pada socket timer yang nomor tiga.

oh iya untuk modul yang lama tetap pasang saja seperti semula untuk menghidupkan lampunya.

 

oh iya ini cuma tulisan tukang ac :-)) bahasanya juga agak anehh

Jika ingin pekerjaannya rapi pelajari scema instalasi kabel yang terpasang dan manfaatkan yang ada itu sehingga anda tidak menambah kabel atau melubangi kulkas.

Jika ada yang belum benar pada tulisan saya silahkan tinggalkan komentar di bawah

Terimakasih salam dingin

anti copy rewoz


Comments are Closed