Cara merubah Modul Mesin Cuci menjadi Timer Manual

Banyaknya rutinitas sehari hari memang selalu menghiasi yang namanya kehidupan. Dari kerja ngantor, pulang kerja dan macet di jalanan kadang membuat badan kita menjadi capek. Belum lagi untuk pekerjaan di rumah yang masih menumpuk. Dari bersih bersih mempersiapkan makan serta cucian yang menumpuk. Jika semua itu di lakukan sendiri tentunya akan banyak sekali menyita waktu.

Tapi beruntunglah kita sudah hidup di jaman moderen, dengan banyaknya peralatan peralatan elektronik yang canggih, kita bisa banyak terbantu, sehingga kita masih bisa mendapatkan banyak waktu untuk beristirahat. Apalagi kita dapat menggunakan banyak mesin yang otomatis dan dapat kita jalankan dengan satu atau dua sentuhan saja.

Misalkan saja kita menggunakan alat elektronik mesin cuci. Di jaman sekarang ini banyak produsen elektronik yang menawarkan mesin cuci yang otomatis atau menggunakan modul timer elektronik, sehingga untuk proses pencucianpun menjadi mudah. Tinggal kita memilah atau memisahkan dari jenis yang berbeda lalu kita masukan ke mesin cuci tambahin detergen tutup lalu kita jalankan atau pencet tombolnya maka akan tinggal menunggu sekitar 1 jam dan selesai.

Akan tetapi jika kita sebuah mesin cuci memakai modul otomatis terkadang akan terjadi error karena pengaruh umur atau kadang terkena air pada bagian elektronik nya. Sehingga ada bagian sparepart yang rusak. Sebuah modul elektronik mesin cuci harganya memang cukup mahal malah terkadang agak susah untuk mencari sparepartnya.

Jika memang modul mesin cuci rusak dan tidak ada gantinya, otomatis tidak akan bisa di pakai kan? Tapi jangan buru buru di buang dulu, saya akan sedikit memberikan tips cara mengganti modul elektronik mesin cuci dengan timer manual.

Oke langsung saja kita perhatikan cara mudah mengganti modul elektronik mesin cuci menjadi timer manual. Sebelum anda memulai anda harus mempersiapkan alat alat tambahannya.

  1. Timer pencuci manual 1 pcs
  2. Timer spin / pengering 1 pcs
  3. Saklar on / off 1pcs
  4. Saklar on 1 on 2
  5. Kabel secukupnya
  6. Isolasi buat kabel

Cara merubah modul mesin cuci menjadi timer manual

Sebelumnya mohon maaf karena gambar wiring rangkaian mesin cuci manual agak kurang jelas karena komputer agak error tidak bisa transfer file akhirnya saya hanya foto pakai hape.

Untuk merubah instalasi kabel modul mesin cuci otomatis menjadi timer manual anda hanya tinggal memperhatikan pada gambar skema di atas. Dan saya akan sedikit menjelaskan cara kerjanya saja.

Pada saat mencuci jangan lupa posisikan saklar ke on 2 agar motor drain tidak mendapatkan arus sehingga pembuangan air tertutup.

Isi air secukupnya dan putar timer pencuci. Jika pencucian sudah selesai dan ingin melakukan pengeringan atau spin, pindah saklar ke On 1 dan pencet tombol on pada jalur drain. Setelah air sudah keluar habis lalu putar timer pengering atau timer manual. Dan ulangi untuk membilasnya sampai di rasa sudah cukup bersih.

Demikian tulisan saya tentang Cara mudah merubah Modul Mesin Cuci menjadi Timer Manual. Semoga bisa bermanfaat.

Terimakasih.

anti copy rewoz


Comments are Closed