Cara mengatasi mesin cuci nyetrum atau grounding

 

Kami dari Sumber Makmur Teknik Service Ac Jakarta akan memberikan sedikit tip apa yang harus di lakukan, jika peralatan elektronik mesin cuci anda bila di pegang bodynya nyetrum. Pada dasarnya mesin cuci yang nyetrum itu memanglah sudah kurang bagus pada bagian bagian komponennya. Misalnya bisa di sebabkan karena

  • Kabelnya yang terkelupas dan menempel pada body mesin,
  • Pada sambungan kabel ada airnya atau basah, dan kondisi basahnya sampai terhubung pada body mesin, hingga menyebabkan konduksi listrik pada mesin cuci tersebut.
  • Konduksi pada bagian motor penggeraknya yang bisa terjadi karena udara pada sekitar mesin motor tersebut terlalu lembab dan menakibatkan timbulnya berkarat dan membuat lapisan kawat gulungan terkupas atau rusak, sehingga karat karat tersebut bisa teraliri listrik hingga terhubung pada body mesin.
  • Dan masih banyak lagi kerusakan yang hingga mengakibatkan body mesin cuci nyetrum atau grounding.

Untuk menghindari hal hal di atas letakan unit mesin cuci di ruangannya jangan terlalu lembab, pastikan sekelilingnya mudah dibersihkan agar tidak untuk bersaran seperti tikus, kecoa, atau serangga lainnya yang biasanya merusak instalasi kabel mesin hingga membuat mengelupas pada kabel tersebut, perhatikan pada saat mengisi air jangan sampai tumpah kemana mana hingga bisa masuk ke bagian instalasi kabel di dalamnya.

Oh iya, apabila mesin cuci anda tarjadi nyetrum atau grounding lakukan hal berikut,

  • Lakukan pengecekan pada bagian bagian yang di uraikan di atas
  • Periksa instalasi grounding terpasang benar, di bagian mesin maupun di bagian instalasi listriknya. Atau untuk alternatifnya pasang grounding tambahan, pertama cari satu bagian baut atau scrub yang terhubung kebagian body dan pastikan bagian tersebut terbuat dari bahan besi atau metal yang terhubung pada body yang nyetrum tadi, kalau sudah ketemu pasang kabel tersebut dan hubungkan ke tanah yang berkadar air [ tapi bukan tanah di ember yaaa 🙂 ] atau cari besi dan tancapkan ketanah kalau bisa sedalam mungkin agar lebih bagus. atau bisa juga cari paku agak panjang dan pakukan ke dinding untuk grounding tersebut. kalau sudah selesai coba nyalakan tapi pastikan tes terlebih dahulu demgan tespen.

Oh ya dalam melakukan pekerjaan tersebut pastikan terlebih dulu mesin tersebut tidak terhubung dengan listrik. atau jika tak mau ambil resiko hubungi penyedia service terdekat, atau hubungi kami jika wilayah masih terjangkau oleh kami, kami siap melayani anda

Semoga  bermanfaat